Wednesday, June 20, 2012

[Info] Hasil Render Film Avatar Butuh Storage 1 Petabyte!!!

Saya kaget baca artikel ini, kira2 begini artikelnya:
"Sudah nonton hebatnya film Avatar garapan James Cameron? Keren ya! apalagi bila beruntung lihat versi 3D-nya. Jangan heran, film ini memang film canggih yang dapat dukungan penuh dari teknologi pengambilan gambar 3D terbaru yang disebut dengan 3D Fusion.





Dan tahukah berapa banyak space (ruang dalam disk) yang diperlukan untuk menampung hasil render dengan teknologi tersebut? hampir 1 Petabyte, yang baru dengar istilah ini, bisa disamakan dengan 500harddisk yang masing-masingnya berkapasitas 2 Terabyte. Masih susah bayangin? ukuran ini bila dijadikan lagu MP3 maka dibutuhkan 32 tahun nonstop untuk memutarnya!.
Menurut data dari manajemen film ini, proses render ini membutuhkan 34 rak penuh dengan mesin komputer, dimana masing-masing rak menyimpan 32 mesin, atau lebih dari 40.000 prosesor dan memori sebesar 104 terabytes. Pantas saja bila film ini sampai memakan biaya hingga 300 juta dollar amerika atau sekitar 2,8 triliun rupiah!
Jadi bila kita membeli tiket seharga Rp. 30.000 untuk versi 3D-nya, butuh 94 juta tiket lebih untuk menggantikan biaya proses pembuatannya :D"

Ga rugi ya berarti kalo yg pernah nonton Avatar versi 3D bayar Rp 50.000, hehehe

Sumber: http://edittag.typepad.com/blog/

No comments:

Post a Comment